Tips/Cara Menginap di Hotel Berbintang Bagi Pemula

Advertisement

Ads

Pelayanan di hotel berbintang agak tidak sama dengan hotel-hotel non-bintang. Supaya tak bingung serta kikuk, simak sebagian panduan ini sebelumnya bermalam di hotel untuk pertama kalinya. Senantiasa ada kali pertama dalam segalanya. Mungkin saja Anda bermalam di hotel berbintang untuk berlibur, pekerjaan, atau lantaran paksaan keadaan contoh waktu mudik Lebaran. Hotel berbintang miliki service serta sebagian prasyarat umum untuk beberapa tamu. Tersebut sebagian panduan pertama kalinya tips cara menginap di hotel berbintang

Tips/Cara Menginap di Hotel Berbintang Bagi Pemula

Reservasi hotel online

Utama untuk Anda lakukan reservasi, sekurang-kurangnya dua hari sebelumnya bermalam. Ini lantaran hotel berbintang miliki banyak type kamar, hingga Anda mesti menyesuaikannya dengan keperluan. Standard Room yaitu kamar dengan sarana standard pada hotel itu. Satu tingkat di atasnya ada Deluxe Room, lalu sebagian type premium seperti Family Room, One Bedroom Suite, serta Presidential Suite. Terkecuali memastikan tanggal serta lamanya bermalam, yakinkan Anda memperoleh type kamar yang dikehendaki. Reservasi dapat dikerjakan segera dari website hotel itu, atau melalui sebagian website pemesanan hotel.

Waktu Check-in dan Check-out

Mayoritas hotel di Indonesia, termasuk hotel berbintang, punya jam check in dan check out yang sama. Tamu biasanya boleh check in pukul 14.00, dan check out pukul 12.00 keesokan harinya. Meski begitu, beberapa hotel menerapkan kebijakan early check in dan late check out. Jika Anda tiba di kota tujuan lebih pagi, Anda bisa meminta pihak hotel untuk early check in sebelum pukul 14.00. Sama halnya dengan late check out, biasanya tamu diberikan waktu tambahan hingga 1 jam untuk check out dari hotel. Namun tentu saja, Anda harus mengomunikasikannya terlebih dahulu kepada pihak hotel.

Deposit

Saat check in, Anda akan diminta kartu kredit untuk deposit atau jaminan. Besarnya uang deposit biasanya sesuai dengan nominal harga selama Anda menginap. Jika Anda menginap dalam rangka tugas kantor, pada saat check out resepsionis akan meminta kembali kartu kredit Anda untuk kemudian mengembalikan uangnya secara penuh. Namun bagaimana jika Anda tidak punya kartu kredit? Anda harus membawa uang tunai sebagai jaminan. Jumlah nominalnya pun tergantung masing-masing hotel. Sama seperti kartu kredit, uang tunai yang jadi jaminan pun akan dikembalikan begitu Anda check out dari hotel.

Tip untuk petugas hotel

Di hotel berbintang, wajar jika begitu check in barang-barang Anda langsung dibawakan oleh petugas hotel. Barang pun akan langsung diantarkan ke kamar, sehingga Anda tak perlu berat-berat membawa tentengan. Oleh karena itu, banyak tamu yang memberikan tip kepada petugas hotel. Tidak wajib, hanya sebagai tanda terima kasih.

Minibar

Masuk dalam kamar hotel, Anda akan mendapati minibar yaitu kulkas kecil berisi aneka camilan dan minuman. Biasanya camilan terdiri dari cokelat dan snack. Beberapa hotel juga menyediakan minuman beralkohol di dalam kulkas. Perlu Anda ketahui, semua makanan dan minuman di minibar dijual. Jika mengambilnya, Anda harus membayar di saat check out hotel. Namun, hampir semua hotel berbintang menyediakan air mineral gratis. Biasanya tersedia dua botol air mineral yang bisa Anda minum secara cuma-cuma.

Perlengkapan mandi

Masuk ke dalam kamar mandi, perlengkapan mandi bisa Anda gunakan secara gratis. Sebut saja sabun, sampo, dan sikat gigi. Biasanya perlengkapan mandi tersebut diletakkan dalam wadah kecil, atau dalam kotak karton. Namun, jangan sampai Anda membawa pulang handuk, keset, atau hair dryer. Beberapa barang tersebut tak boleh dibawa pulang, termasuk juga bantal dan semua barang lainnya di hotel. Bedakan pula antara keset dan handuk. Bentuknya mirip dan warnanya biasanya sama. Keset yang terlipat diletakkan di dekat bathtub atau shower, sementara handuk terlipat di bagian atas. Bisa di toilet atau bagian atas bathtub.

Kunci hotel

Di hotel-hotel berbintang, kunci kamar Anda tidak akan konvensional seperti kunci rumah. Kunci yang diberikan berbentuk kartu sensor. Tinggal tap kartu Anda di sensor yang ada di bagian luar pintu. Kartu ini juga berfungsi untuk menyalakan listrik di dalam kamar. Jangan lupa membawa kunci setiap Anda keluar kamar Jauhkan pula kartu dari benda-benda elektronik. Jika Anda membawa barang-barang berharga, hotel berbintang biasanya punya safety deposit box. Simpanlah barang berharga Anda dalam kotak ini agar lebih aman.

Sarapan

Biaya menginap di hotel berbintang sudah termasuk sarapan, biasanya disajikan secara prasmanan. Tanyakan kepada pihak hotel, di mana sarapan disajikan. Umumnya sarapan bisa dinikmati di restoran andalan hotel tersebut. Pastikan pula waktu sarapan yang berlaku di hotel tersebut. Biasanya, sarapan disajikan mulai pukul 07.00-10.00.

Fasilitas hotel

Jangan sungkan untuk bertanya kepada petugas hotel mengenai fasilitas dan layanan yang tersedia. Misalnya spa, fitness, kolam renang, atau bahkan ruang laundry.  Tanyakan apakah Anda bisa menggunakan fasilitas tersebut secara gratis. Selain itu, jika Anda kurang mengerti soal cara mengoperasikan alat fitness yang mungkin baru pertama kali Anda temui, lebih baik tanyakan terlebih dahulu kepada petugas hotel.

Internet

Biasanya hotel berbintang punya fasilitas internet gratis (WiFi), namun tidak disediakan secara gratis. Tanyakan terlebih dahulu fasilitas internet di hotel tersebut, terutama soal harganya. Meski begitu, kini banyak hotel berbintang yang juga menyediakan WiFi gratis. Namun Anda tetap harus memastikan, apakah WiFi tersebut tersedia di seluruh ruangan hotel atau hanya di bagian lobby.

Perhatikan barang bawaan

Sebelum meninggalkan hotel, lakukan pegecekan kembali semua barang bawaan Anda. Jika ada barang yang tertinggal di hotel berbintang, biasanya akan disimpan oleh pihak hotel tersebut. Ini karena saat menemukan barang tamu di kamar, petugas kebersihan (cleaning service) akan menyerahkannya kepada pihak hotel. Namun ada baiknya Anda memeriksa seluruh bagian kamar, termasuk kamar mandi sebelum check out.

Advertisement