Tips/Cara Membuat Sushi Lezat Dengan Pemilihan Beras

Advertisement

Ads

Bikin sushi sekalipun tak susah. Tinggal menggulung nasi yang telah berisi bermacam isi dibagian tengahnya. Nah, satu hal yang perlu di perhatikan supaya cara membuat sushi yang Anda bikin lezat, yaitu penentuan serta perlakuan beras untuk sushi mesti benar. Ingin tahu lebih komplit? Simak penjelasan cara membuat sushi lezat di bawah ini.

Tips/Cara Membuat Sushi Lezat Dengan Pemilihan Beras

- Penentuan beras jadi hal yang begitu utama dalam pembuatan sushi, lantaran nasi memanglah manjadi bahan paling utama dalam pembuatan sushi. Pilihan beras yang salah akan tidak membuahkan sushi yang kompak. Karenanya, pakai beras Jepang, type medium grain. Type beras ini bakal memberi rasa lengket yang khas pada sushi, hingga gulungan nasi bakal jadi kompak.

- Perbandingan air serta beras mesti sesuai dengan beras yang dipakai. Umumnya didalam paket beras dijelaskan perbandingan air serta beras yang pas. Perbandingan yang cocok bakal bikin sushi enak waktu dikonsumsi.

- Tidak terlalu lembek, tidak juga terlalu keras. Harus diingat, setelah nasi matang harus ditambah dengan cuka beras, garam dan gula pasir. Ketiga bahan tersebut akan menambah cairan pada nasi. Setelah nasi matang, biarkan uapnya menghilang dengan sendirinya.

- Selagi masih hangat, campur nasi dengan cuka beras, garam dan gula pasir untuk memberikan citarasa khas pada sushi. Cuka beras yang digunakan sebaiknya adalah cuka beras Jepang, agar aromanya benar-benar menghasilkan aroma khas sushi, dan tidak terlalu asam. Aslinya, proses pencampuran nasi dengan cuka beras dilakukan di dalam wadah yang terbuat dari kayu dan menggunakan pengaduk kayu. Gunanya adalah untuk menyerap kelebihan larutan cuka.

- Sebelum digulung bersama bahan pelengkap lain, nasi harus didinginkan terlebih dahulu hingga bersuhu ruangan. Jika tidak, bagian isian akan lengket di nasi. Jika kita ingin membuat sushi dari beras lokal, pilihlah beras yang pulen. Tapi, tambahkan juga dengan sedikit beras ketan. Tidak perlu terlalu banyak, yang penting bisa menghasilkan beras yang lengket.

Advertisement