Tips/Cara Menggoreng Untuk Pemula Agar Gorengan Tidak Gosong

Advertisement

Ads

Tips/Cara Menggoreng. Buat para newbie yang baru terjun ke dunia masak-memasak, salah satu hal yang selalu menjadi pembicaraan yakni menggoreng. Tenang aja, kamu nggak sendiri kok. Kecipratan minyak panas, suhu yang terlalu tinggi menjadikan gorengan gosong atau juga cipratan minyak dimana-mana yang susah dibersihkan, membuat acara masak jadi kacau balau.

Tips/Cara Menggoreng Untuk Pemula Agar Gorengan Tidak Gosong

I feel you, Ladies. Tapi gak usah cemas. Bukan berarti kecemasanmu dalam menggoreng tersebut bikin kamu tidak bisa menikmati kriuknya Aci goreng (Cireng) atau kremesnya ayam goreng kesukaan. Berikut trik dari Infokulinerz buat kamu yang takut menggoreng, yang bisa dicoba dirumah:
       
1. Kenali Jenis Wajan Yang Dipakai
Umumnya ada 2 jenis wajan yang dipakai buat menggoreng, yakni pan-fry atau deep-fry. Wajan pan-fry lebih datar serta lebar, dipakai buat menggoreng fillet atau menumis. Kemudian deep-fry lebih dalam permukaannya serta dipakai buat menggoreng makanan yang berukuran besar, contohnya Bala-bala atau ikan goreng.
   
2. Jangan Takut Dengan Minyak Panas
Banyak orang yang nerves menghadapi minyak panas serta mencemplungkan makanan ke dalamnya. Biasanya secara otomatis kita akan mencemplungkan makanan dari jarak jauh. Padahal itu justru bikin minyak menciprat ke mana-mana lho. Solusinya: masukkan makanan pelan-pelan dari jarak dekat. Semakin dekat tangan ke dalam wajan penggorengan, justru minyak akan lebih 'jinak'.
   
3. Gunakan Serokan atau Peniris
Alat ini murah dan bisa ditemukan di toko-toko terdekat. Serokan atau peniris yang ideal adalah yang memiliki pegangan panjang sehingga gorengan tidak tersangkut padanya.

Bolehkah Menggunakan Minyak Berkali-kali?

Banyak perdebatan seputar minyak yang digunakan untuk menggoreng beberapa kali. Lopez-Alt, seorang koki professional mengatakan, sesungguhnya tak masalah menggunakan minyak lebih dari satu kali penggorengan. Asalkan minyak disimpan pada suhu kamar tertutup, di tempat yang sejuk dan gelap serta jauh dari kompor. Perlu diingat, semakin banyak sisa makanan yang tertinggal di minyak bekas, akan menurunkan kualitas minyak itu sendiri. Jadi, bersihkan minyak dari remahan gorengan jika kamu akan menggunakannya sekali lagi.
   
4. Bolehkah Menggunakan Minyak Berkali-kali?
Memang perlu jam terbang agar bisa menghasilkan gorengan yang cantik tanpa perlu membawa 'oleh-oleh' luka karena cipratan minyak panas. Semoga 4 tips di atas dapat membantumu ya, Ladies.

Advertisement