Resep Cara Membuat Pizza Buatan Sendiri Se-enak Restoran

Advertisement

Ads

Salah satu menu barat yang cocok dengan lidah orang Indonesia adalah pizza. Mau pizza topping apapun, makanan yang satu ini pasti jadi rebutan. Rasanya satu slice masih kurang ya, Ladies. Nah, berbeda dengan di negara-negara lain, harga satu loyang pizza di restoran di Indonesia mungkin berkisar mulai Rp. 70 ribu-an. Cukup mahal bukan? Padahal, kalau bisa sih kita pengennya makan pizza setiap hari hihihi

Resep Cara Membuat Pizza Buatan Sendiri Se-enak Restoran
Daripada ngiler, sebenernya kamu juga bisa kok membuat pizza sendiri di rumah. Infokulinerz siap bagiin resep rahasianya agar rasa pizza buatanmu se-enak restoran pizza terkenal. Dengan rajin berlatih, siapa tahu kamu bisa membuat kedai pizza milikmu sendiri? Yuk cek ricek cara membuat pizza sendiri berikut ini.

Untuk membuat adonan roti pizza, yang kamu perlukan adalah:

900 gram tepung terigu
10 gram ragi
1/2 liter air
10 gram minyak sayur atau minyak zaitun
10 gram garam kasar

Cara Membuat Pizza:

- Untuk membuat adonan roti yang lembut, ayak tepung terlebih dahulu.
- Di dalam mangkuk yang lain, masukkan ragi ke dalam air dingin. Aduk hingga ragi larut.
- Tambahkan setengah bagian tepung secara bertahap untuk menghindari tepung menggumpal.
- Uleni sisa tepung dan masukkan garam.
- Uleni adonan dengan gerakan yang konsisten.
Seringkali adonan yang telah jadi, ternyata mudah terputus saat diuleni. Untuk membuat adonan lebih elastis, gunakan minyak zaitun. Kemudian uleni kembali adonan secara menyeluruh. Pindahkan adonan ini ke permukaan meja yang bersih, uleni hingga kalis.
Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan biarkan adonan mengembang pada suuhu kamar sekitar 1 jam. Adonan akan mengembang 2 kali lipat dari ukuran sebelumnya.

Menggunakan tangan, gulung adonan setipis mungkin. Taburkan sedikit tepung di atas adonan dan mulai regangkan adonan dari tengah ke arah luar. Cara terbaik adalah dengan menahan bagian tengah, sementara tangan yang lain mendorong ke arah tepi adonan. Biarkan bagian tepi adonan sedikit lebih tebal untuk membuat pinggiran roti.

Pinggiran roti yang renyah memang paling enak dicocol dengan saus sambal ya. Caranya adalah dengan melapisi loyang dengan minyak zaitung dan taburi dengan tepung untuk menghindari adonan menempel di loyang. Sebarkan topping di atas permukaan roti dan masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan hingga 180-200 derajat celcius selama 10 menit.

Untuk pizza ukuran sedang, gunakan 3 sendok makan saus, jangan lebih. Untuk saus, kamu tak harus menggunakan pasta tomat tradisisonal kok. Krim keju lembut atau saus pesto pun nikmat untuk saus pizzamu. Yang terpenting adalah sebaiknya saus tidak terlalu encer atau pizzamu akan berakhir alot karena sangat basah dengan cairan saus.

Sebaiknya tidak menggunakan lebih dari 4 topping untuk pizza. Ukuran yang pas adalah tumpukan topping tidak lebih dari 1 cm tebalnya. Hal ini penting karena nantinya permukaan adonanmu akan diberi lapisan parutan keju. Bahan-bahan seperti rempah segar harus ditaburkan di atasnya sebelum disajikan.

Advertisement