Cara Membuat Telur Asin Sendiri Di Rumah Enak dan Simpel

Advertisement

Ads

Siapa yang tidak kenal dengan telur asin? Saya pastikan, hampir keseluruhan orang Indonesia kenal dengan telur asin atau pula pernah mencicipinya. Bukan cuma kenal, beberapa orang mungkin merupakan penggemar dari telur asin. Umumnya, telur asin dibuat dari telur bebek :D. Rasanya juga sangat enak, lezat serta menggugah selera. Hmmm, jika ngomongin seputar telur asin, kira-kira, gimana ya cara membuat telur asin sendiri di rumah? Untuk cara membuat telur asin yang lezat sebetulnya cukup gampang kog Ladies. Sudah saya praktekin dirumah, berikut bahan yang wajib kamu siapin buat bikin telur asin serta cara cara mudah membuatnya sendiri di rumah.

Cara Membuat Telur Asin Sendiri Di Rumah Enak dan Simpel

Bahan Pembuatan Telur Asin:

- 10 telur bebek (usahakan bahwa telur masih baru atau kondisinya baik)
- 500 gram garam (bisa garam halus, garam kasar atau garam balok)
- 1,5 liter air
- Toples berbahan plastik (usahakan toples yang bisa ditutup secara rapat)

Cara Membuat Telor Asin :
- Rendam telur di dalam air sebentar saja dan cari tahu apakah semua telur tersebut baik atau tidak. Jika telur mengapung, berarti buruk dan jangan digunakan untuk membuat telur asin.
- Cuci bersih telur menggunakan spon atau kain hingga kulitnya benar-benar bersih.
- Gosok kulit telur dengan spon kasar atau amplas halus agar pori-pori telur terbuka dan saat direndam dengan garam, garam bisa masuk dengan baik ke dalam telur.
- Jika sudah, masukkan telur ke dalam toples dan usahakan untuk menyusunnya secara rapi.
- Campur garam dan air di wadah lain sampai kedua bahan ini tercampur rata.
- Tuangkan air garam ini ke dalam toples untuk merendam telur.
- Karena air mengandung garam, telur di dalam toples pun akan mengapung. Agar telur tidak mengapung, tindih telur di dalam toples dengan plastik yang sudah diisi oleh air atau benda padat lainnya. Tutup toples rapat-rapat.
- Rendam telur ini minimal selama 12 hari. Untuk rasa telur yang lebih enak, rendam lebih lama kira-kira selama 3 minggu.
- Jika sudah, angkat telur dari rendaman dan cuci bersih. Setelah itu, kamu bisa merebus atau mengukus telur selama 1 jam agar telur matang.
- Telur asin telah siap dan bisa untuk disajikan maupun diolah menjadi makanan enak lainnya.

Membuat Telur asin dengan Pasir Bata

Ladies, itulah tadi cara membuat telur asin sendiri di rumah. Bjimana ?, sangat simpel bukan? Selain dengan air, membuat telur asin juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan abu juga pasir bata. Selamat mencoba ya. Semoga tips ini bermanfaat.

Advertisement