Tips/Panduan Membangun Bisnis Olahan Susu Yang Lagi Ngetrend

Advertisement

Ads

Peluang bisnis olahan susu saat ini makin variatif jenisnya dan sangat menjamur jumlahnya, baik yang dipelopori oleh kelompok usaha kecil, juga dimotori oleh perusahaan besar. Yang dimaksudkan dengan olahan susu adalah makanan atau minuman yang diolah dari susu atau dicampur dengan bahan lain sehingga menghasilkan bentuk, rasa atau penampilan yang berbeda dari bahan awalnya. Saat ini olahan susu kian digemari masyarakat yang memahami arti pentingnya hidup sehat. Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin memulai usaha ini adalah memastikan kontinuitas pasokan bahan baku. Terutama, menentukan asal pasokan susu segar. Sebab, ini akan terkait dengan lokasi pengolahan susu. Sebaiknya, lokasi pengolahan tidak jauh dari peternakan sapi perah untuk menjaga kesegaran susu dan menghemat biaya transportasi. Selain proses produksi, untuk menjaga daya tahan olahan susu Anda juga harus memerhatikan akomodasi saat pendistribusian susu dan olahannya. Pada tahap tersebut susu harus dalam keadaan dingin atau dimasukkan dalam box es, untuk menjaga temperaturnya tetap stabil. Berikut tips membangun bisnis olahan susu :



Modal Usaha Bisnis Olahan Susu. Dewasa ini olahan susu bukan hanya dimonopoli oleh pengusaha kelas pabrik atau pemodal besar saja. Tapi sudah menyasar kelas gerobakan, café dan restoran. Jika ingin buka usaha olahan susu kelas kecil seperti gerobakan Anda cukup merogoh kocek antara Rp 2-3 juta sebagai modal awal. Usaha gerobakan ini biasanya berada di pinggir jalan. Karena itu faktor kebersihan perlu diperhatikan. Usahakan membuat tenda berukuran besar supaya konsumen tetap nyaman. Ciptakan juga kreasi-kreasi yang unik, bisa dari design gerobak ataupun olahan susu yang akan dijual. Namun jika Anda ingin menyasar kelas cafe, modal yang dikeluarkan tentunya harus lebih besar. Interior yang dipilih juga harus membuat konsumen nyaman dan disesuaikan dengan segmen pasar yang dituju. Misalnya anak kampus, anak muda atau komunitas tertentu.

Marketing/Pemasaran. Promosi dan pemasaran olahan susu bisa dilakukan dalam berbagai cara baik online dan offline. Secara online bisa dilakukan dengan memanfaatkan seluruh sosial media yang ada seperti Facebook, Twiter, lnstagram, WhatsApp, BBM dan paling penting punya website sendiri. Unfuk offline bisa dengan spanduk, brosur dan kartu nama. Gerobak yang dibuat dengan bentuk yang unik juga bisa menjadi alat promosi yang ciamik untuk merebut perhatian pasar. 

Marketing bisnis olahan susu

Kendala Usaha. Tiap usaha tentu tak luput dari kendala yang sering kali menghambat perkembangan. Pada bisnis olahan susu, hal utama yang menjadi kendala adalah daya tahan susu yang tidak bisa lama, sehingga pelaku usaha harus memiliki lemari pendingin untuk penyimpanan susu. Selain itu, bisnis olahan susu juga termasuk bisnis yang mudah ditiru. Apalagi kebanyakan orang Indonesia cukup latah untuk meniru suatu usaha yang dinilai berkembang dengan pesat. Oleh karena itu diperlukan kreativitas tinggi dalam menciptakan varian olahan susu baru. Seperti yang dilakukan oleh salah satu café spesialis olahan susu di Kaliurang, Yogyakarta, yang senantiasa diantre pelanggan karena menciptakan 72 menu berbahan dasar susu. Bisnis olahan susu sebenamya temasuk usaha jangka panjang dan tidak ada matinya. Alasannya simple, orang sudah minum susu sejak puluhan bahkan ratusan tahun Ialu. Namun, supaya tidak monoton maka diperlukan pemikiran yang kuat untuk mengkreasikan varian menu atau kemasan yang unik.

Advertisement