Cara Mengolah Susu Perah Yang Lebih Murni

Advertisement

Ads

Susu merupakan minuman yang lazim dikonsumsi oleh hampir semua orang, karena asupan makan pertama yang dikonsumsi oleh umat manusia adalah susu. Bahkan tak sedikit orang yang tetap mengonsumsi susu seiring pertumbuhannya. Karena selain menyehatkan, susu juga dapat membantu menjaga kondisi tubuh untuk tetap fit. Saat ini, susu diolah menjadi beragam hidangan, seperti minuman Susu Aneka Rasa, Mie Kuah Susu dan Pudding Susu Caramel.

Cara Mengolah Susu Perah Yang Lebih Murni

Pemilihan Bahan. Salah satu kreasi olahan susu yang cukup happening saat ini adalah minuman Susu Aneka Rasa, seperti rasa strawberry, kopi, gingseng dan pisang. Untuk membuat minuman susu aneka rasa yang enak, maka bahan utama berupa susu harus diperhatikan. Sebaiknya pilih susu segar yang berasal dari ternak perah, seperti sapi perah, kambing perah, maupun kerbau perah. Karena kemurnian susu perah lebih terjaga dibanding susu UHT atau full cream yang biasanya telah ditambahkan zat-zat tertentu. Berikut saya sampaikan cara mengolah susu perah agar lebih murni : sebelum diolah susu perah harus direbus selama 25 menit di atas api sedang hingga mencapai suhu rata-rata 80 — 100 °C. Proses ini bertujuan untuk membunuh bakteri pathogen perusak susu, sehingga daya tahan susu bisa lebih lama. Agar tekstur susu tidak pecah maka sepanjang proses merebus susu harus terus diaduk. Susu yang telah mencapai suhu 70-80 °C bisa diindikasi dengan munculnya lemak susu (cud) di atas permukaan susu yang tengah direbus. jika Anda suka, lemak tersebut juga bisa dikonsumsi. Meski susu segar identik dengan aroma prengus dan amis, Anda tak perlu khawatir. Untuk menetralisir aroma tak sedap itu, saat merebus susu Anda bisa menambahkan sedikit jahe yang telah digeprek.

Kemasan. Untuk kemasan minuman susu aneka rasa sebaiknya menggunakan packaging berbahan kaca atau aluminium seperti botol dan kaleng. Namun jika menggunakan bahan dasar plastik, pilihlah plastik yang tebal dan berkualitas bagus. Untuk penyimpanan, olahan susu yang telah direbus dan dikemas, sebaiknya disimpan dalam lemari es bersuhu 1-5 °C. Pada suhu tersebut, susu bisa bertahan hingga satu bulan. Akan tetapi sebaiknya tidak menyimpan susu di dalam freezer karena akan membuat lemak susu menggumpal.

Advertisement