Bisnis Olahan Susu Milky Way - Rajanya Puding Susu Caramel

Advertisement

Ads

Jika umumnya Puding Susu Caramel dikemas dalam cup atau mangkuk plastik, lain halnya dengan Pudding Susu Caramel racikan Ivan Januar dan Cindy Pengesa, yang dikemas di dalam botol kaca, lalu tutupnya dilapisi dengan doily paper yang diikat dengan tali. Pemilik usaha Milky Way ini mengatakan, Pudding Susu Caramel dan packaging yang digunakan terinspirasi dari Hokkaido Pudding. Yakni sejenis Cream Caramel ala Jepang. Simak aja info liputan bisnis olahan susu Milky Way :

Bisnis Olahan Susu Milky Way - Rajanya Puding Susu Caramel

Online Shop. Pada bulan Mei 2013, Ivan dan Cindy mulai memasarkan kreasi Pudding Susu Caramel. Namun, karena saat itu Ivan dan Cindy masih sibuk menyelesaikan skripsi, keduanya memutuskan untuk memulai usaha dalam bentuk online shop, dan hanya berdasarkan pesanan saja. Selain belum punya waktu banyak untuk fokus menjalankan usaha, teknik ini juga sangat akurat untuk melihat respons pasar, tambah Cindy. Penjualan dengan sistem online ini pun hanya membutuhkan modal sebesar Rp 4 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli kulkas sebesar Rp 3,5 juta dan sisanya digunakan untuk membeli bahan baku. Sedangkan untuk peralatan dapur, digunakan perabot yang sudah tersedia rumah lvan yang dijadikan sebagai dapur pusat. lvan dan Cindy mulai memasarkan menu Milky Way melalui Instagram. Keduanya juga sering membawa beberapa sample Pudding Susu Caramel ke kampus Pelita Harapan, tempat mereka kuliah. Seiring berjalannya waktu, pesanan pun mulai berdatangan.

Rutin Ikut Bazaar. Karena dunia maya tidak terlalu mengangkat penjualan Milky Way, lvan dan Cindy mulai mengikuti beberapa bazaar dan festival kuliner, seperti Swift Carnival, Market Museum dan Jakarta Culinery Passport. Melalui bazaar dan festival kuliner, grafik penjualan Milky Way mulai mengalami peningkatan yang signifikan. Cindy juga menitipkan Pudding Susu Caramel kepada salah seorang teman mereka di kawasan Plaza Senayan-Jakarta Selatan, dengan sistem konsinyasi. Dan demi menjaring lebih banyak konsumen, lvan dan Cindy memutuskan untuk membuka gerai sendiri di Gourmet Walk, ground floor Mal Kelapa Gading 3-Jakarta Utara pada awal Juni 2014.

Packaging Unik. Milky Way menawarkan Pudding Susu Caramel aneka rasa, seperti Milky Caramel, Milky Berry, Cookies And Cream, Choco Caramel dan Greentea Caramel. Semua varian dijual dengan kisaran harga Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu per botol. Tiap varian Pudding Susu racikan Milky Way terdiri dari beberapa lapisan dengan variasi rasa yang berbeda. Misalnya Milky Berry yang terdiri dari lapisan karamel, Pudding Susu Putih dan Pudding Susu Strawberry. Agar nampak elegan dan sehat, tiap varian menu dikemas dalam botol kaca berukuran 120 ml yang mirip botol susu sapi.

Menu Best Seller. Dari sekian banyak menu yang ditawarkan Milky Way, Choco Caramel jadi varian best seller. Untuk membuat Choco Caramel, mulanya Ivan dan Cindy melelehkan gula pasir dalam panci anti lengket yang dipanaskan di atas api kecil hingga menjadi karamel. Setelah itu, ditambahkan air panas sambil terus diaduk cepat dengan sendok kayu. Cara ini dapat membuat karamel bertekstur cair dan tidak mengeras. Supaya karamel tidak kembali membeku, maka perbandingan gula pasir dan air panas harus tepat. Sekitar 1:5 atau 50 gr gula pasir dan 250 ml air panas. Selanjutnya, sekitar 10 ml karamel cair dituang ke dalam botol, lalu didiamkan dalam suhu ruang hingga dingin. Kemudian ditambahkan adonan pudding susu putih dari campuran susu putih UHT, gula pasir dan cream kental yang telah direbus di atas api kecil sambil terus diaduk hingga muncul gelembung kecil dl pinggir panci. Lalu ditambahkan gelatin bubuk yang telah direndam selama 5 menit dalam air. Gelatin berfungsi mengikat bahan cair dan membentuk tekstur padat yang lembut. Agar gelatin benar-benar menyerap air rendaman, dari 1 sdt gelatin bubuk harus direndam dalam 1 sdm air. Dalam 1 botol ditambahkan 50 ml adonan puding susu putih yang dikucuri ke atas lapisan karamel secara perlahan menggunakan punggung sendok yang ditempelkan di pinggir botol, agar tiap lapisan tidak tercampur. 

Kemudian, lapisan Pudding Susu Putih didiamkan dalam suhu ruang hingga agak mengeras. Sambil menunggu lapisan kedua terbentuk, dibuat lapisan Pudding Susu Cokelat. Bahan dan teknik pengolahannya hampir sama dengan pembuatan lapisan Pudding Susu Putih, hanya ditambahkan cokelat bubuk yang telah dilarutkan bersama sedikit campuran susu agar tidak menggumpal. Selanjutnya, sebanyak 60 ml adonan pudding susu cokelat yang telah mendidih dituang secara perlahan di atas lapisan Pudding Susu Putih yang telah terbentuk. Setelah suhu panasnya turun, botol ditutup dengan penutup karet lalu disimpan dalam lemari es minimal selama 6 jam.

Omset Menjanjikan. Varian menu Milky Way sangat digemari konsumen. Wajar, bila Milky Way mampu menghasilkan omset yang cukup menjanjikan. Setiap harinya lvan dan Cindy mampu menjual Pudding Susu Caramel sebanyak 300 botol, dengan pendapatan sekitar Rp 5,4 juta. Jika diakumulasikan dalam hitungan per bulan, lvan dan Cindy mampu menjual Pudding Susu hingga 9.000 botol dengan omset mencapai Rp 162 juta. Keuntungan bersih yang diraup juga sungguh menggiurkan, hingga 41% atau sekitar Rp 66,5 juta.

Advertisement